Motor servo atau sebut saja servo meruipakan motor dengan mekanisme loop tertutup yang menggunakan umpan balik posisi untuk mengontrol gerakan dan posisi akhirnya.

Baca juga: Tutorial Komunikasi Serial Arduino Uno dengan ESP8266 Menggunakan Library Software Serial

Input ke kontrolnya adalah sinyal (baik analog atau digital) yang mewakili posisi yang diperintahkan untuk poros output.

Motor dipasangkan dengan beberapa jenis posisi encoder untuk memberikan umpan balik posisi dan kecepatan.

Dalam kasus yang paling sederhana, hanya posisi yang diukur. Posisi terukur dari output dibandingkan dengan posisi perintah, input eksternal ke kontroller.

Jika posisi output berbeda dari yang diperlukan, sinyal kesalahan dihasilkan yang kemudian menyebabkan motor berputar ke arah mana pun, sesuai kebutuhan untuk membawa poros output ke posisi yang sesuai. Saat posisi mendekati, sinyal kesalahan berkurang ke nol dan motor berhenti.

Nah, mungkin dari kamu pernah nih membeli servo dan penasaran ingin mengeceknya apakah servo yang dibeli bisa atau tidak. Jika iya benar, maka langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

Tutorial Mengecek Servo dengan Arduino

1. Buka aplikasi Arduino IDE

2. Pilih menu File > Example > Servo

3. Pilih file yang bernama Sweep

4. Setelah program Sweep terbuka, langsung saja upload ke board Arduino (misal Arduino Uno) yang kamu punya. Jangan lupa hubungkan pin 5V/power Arduino ke pin untuk 5V di servo, pin ground Arduino ke pin ground servo, dan pin 3 ke pin data/signal servo

Tutorial Mengecek Servo dengan Arduino

5. Jika servo bergerak secara otomatis dengan sendirinya dari 0 derajat ke 180 derajat dan kembali lagi ke 0 derajat, maka servo yang kamu miliki dalam keadaan baik atau bisa digunakan

6. Selesai



Nah, jadi itulah Tutorial Mengecek Servo dengan Arduino.

Sumber gambar sampul: Kelas Robot

Sumber gambar pada artikel: Random Nerd Tutorial

BackupDulu
Author

Seorang pemuda yang senang membaca teknologi

Write A Comment